Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Login Portal

:
:

Berita


Sultan Hamengku Buwono X Bantah Siap Jadi Capres

Yogyakarta (ANTARA News) - Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X membantah berita bahwa dirinya siap maju sebagai calon presiden (capres) bila ada partai politik (parpol) yang melamarnya.

Ditemui wartawan di Kompleks Kantor Gebernur DIY Kepatihan, Yogyakarta, Senin, Sultan HB X mengatakan saat menghadiri pertemuan dengan Fraksi PAN DPR di Jakarta, tidak ada pembicaraan tentang pencapresan, tetapi wartawan yang mengartikan bahwa dirinya siap maju sebagai capres jika ada parpol yang melamarnya.

"Pertemuan saya dengan fraksi PAN DPR di Jakarta, 5 Oktober lalu, hanya untuk mengisi materi otonomi daerah, bukan fit dan proper test sebagai capres. Pertemuan itu bukan penyampaian visi dan misi sebagai capres," katanya.

Menurut dia, saat ini belum waktunya bagi seorang pejabat yang belum habis masa tugasnya menyatakan dirinya sebagai capres. Namun, hal itu merupakan hak dan urusan pribadi mereka masing-masing.

"Saya belum positif maju sebagai capres, apalagi masa jabatan sebagai Gubernur DIY masih berlangsung hingga Oktober 2008," katanya.

Sementara itu, Permaisuri Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, menyatakan mendukung jika suaminya maju sebagai capres pada Pilpres 2009.

Meskipun demikian secara pribadi Sultan HB X belum membicarakan dengannya tentang rencana pencapresan Sultan pada Pilpres 2009.

"Ya, saat ini sebenarnya belum waktunya untuk membicarakan masalah pencapresan, karena Sultan belum selesai masa tugasnya sebagai Gubernur DIY," katanya.

Menurut Hemas, jika Sultan sekarang mengarah ke pilpres dan bicara pencapresan padahal masih menduduki jabatan sebagai gubernur, maka artinya beliu akan meninggalkan rakyat Yogyakarta yang masih butuh pemimpin.

"Namun, jika nanti Sultan sudah selesai masa jabatannya sebagai gubernur dan ternyata memang dikehendaki rakyat untuk menjadi capres, maka saya harus mendukung," katanya.

Ia mengatakan sampai sekarang Sultan belum membahas tentang pencapresan pada Pilpres 2009. "Jadi saya kaget waktu baca di koran yang menyebutkan bahwa Sultan siap maju sebagai capres, sebab sampai kini beliau belum membicarakan dengan saya mengenai pencapresan itu," kata GKR Hemas. (*)



08 Oktober 2007 oleh admin

Kembali
Portal Kepegawaian - Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 2017